20 March 2014

memulai blog di wordpress




Mungkin banyak orang bilang membuat blog wordpress sangat sulit, untuk itu saya akan mempermudah jalan anda untuk membuat blog di WordPress.com. Wordpress adalah salah satu penyedia blog yang paling banyak digunakan saat ini dan dan menjadi favorit banyak orang WordPress memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi tema dan menginstal plugins. Mungkin ini yang menjadi salah satu faktor yang membuat blog WordPress banyak disukai oleh para blogger. Apa sebenarnya perbedaan antara WordPress dan Blogspot, dimana letak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahuinya mari kita coba membuat blog di WordPress.

Untuk mulai membuat blog di WordPress pertama kita harus membuat akun di WordPress. WordPress memiliki 2 versi blog antara lain:
  1. Wordpress Berbahasa English (http://wordpress.com/)
  1. Wordpress Berbahasa Indonesia (http://id.wordpress.com/)
Terserah anda ingin mendaftar blog wordpress yang mana yang mana, ini hanya untuk mempermudah anda pada pengaturan bahasa pada blog anda nantinya. Kemudian isilah data-data yang diminta pada form pendaftaran. Yang perlu diingat adalah alamat Email harus valid (benar), karena melalui alamat email inilah password kita akan diberikan. Pilih alamat blog sesuai keinginan anda dan sesuai tema blog nantinya. Setelah terisi semua, scroll ke bagian bawah kemudian klik "Create Blog" atau "Buat Blog" pada kolom Free. 

Penting!! : WordPress tidak seperti Blogspot yang memberikan kesempatan bagi kita untuk mengubah alamat URL blog, sekali alamat tersebut dibuat maka kita tidak bisa mengubahnya lagi. Karena itu pikirkanlah baik-baik dalam menentukan alamat URL ini.

Tips : Usahakan carilah alamat URL blog yang mudah diingat dan sesuai dengan topik dari blog tersebut karena ini dapat memberikan anda peringkat terbaik pada search engine. 

Kemudian anda akan dibawa ke halaman Set up blog. Isilah judul blog, tagline, bahasa, dan target posting lalu klik "Next Step". Disini Anda bisa memilih Themes sesuai dengan gaya yang diinginkan, ada Theme gratis maupun berbayar disini, untuk pemula mari kita coba theme gratisan. Klik pada Themes yang diinginkan, kemudian klik "Next Step". Selanjutnya Anda bisa membuat koneksi antara blog wordpress anda dengan akunTwitter maupun akun Facebook Anda. Koneksi ini akan membuat setiap postingan di blog anda otomatis diposting juga di akun Twitter dan Facebook Anda. Setelah klik "Next Step" sekarang saatnya buat postingan pertama di blog anda. Postingan bisa berupa teks, foto, video, quote, ataupun link. Selesai!

Dari halaman Worpdress.com, saat ini anda sudah bisa mulai mengatur blog anda. Untuk mengatur blog anda, silahkan klik "Dashboard" atau jika anda tidak berada di wordpress.com, anda bisa mengaksesnya melalui http://wordpress.com/wp-login.php dengan username dan password yang sudh anda buat sebelumnya. Sekarang kita bisa mulai mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan Blog melalui layar Dashboard ini. Dari sisi tampilan ternyata WordPress memang lebih menyenangkan dan nyaman untuk dilihat. Ini juga yang menjadi salah satu faktor yang membuat WordPress disukai. Setelah blog tersebut aktif, WordPress akan membawa Anda ke halaman dashboard atau halaman administrasi blog. Anda bisa memulai membuat tulisan baru (Add Post), membuat halaman baru (Add New Page) seperti Tentang Saya, Hubungi Saya, dan sebagainya.
  
Jangan lupa untuk mengkonfirmasi email yang dikirimkan wordpress .com ke alamat email anda yang sebelumnya didaftarkan. Bukalah email tersebut dan cari yang nama pengirimnya WordPress.com, jika belum ada email tersebut tunggu beberapa saat. Sambil menunggu kita bisa memasukkan data diri pada form yang ditampilkan selanjutnya, klik tombol Save Profile jika sudah selesai. Sekarang cek lagi email anda, buka email konfirmasi yng dikirimkan oleh Wordpress dan klik pada link yang diberikan untuk mengaktifkan account yang baru saja dibuat. Maka akan mucul tampilan yang berisi pemberitahuan bahwa account kita sudah diaktifkan.

9 comments:

  1. Letak perbedaannya yang paling diminati sama blogger yg lain apa pas.?? Sehingga WordPress lbh di gemari daripada blogspot.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya wordpress memiliki lebih banyak plugins dan kebebasan untuk customisasi blog yang lebih bebas dibandingan penyedia layanan blog gratis lainnya. sehingga blog wordpress bisa terlihat seperti web profesional. gitu.

      Delete
  2. apa keunggulan dari wordpress?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, ada banya sekali keunggulan wordpress, salah satunya bisa dilihat di komen di atas. untuk mengetahui kelebihan lainnya, bisa dicek di setiap update wordpress di website resminya, fitur-fitur apa yang ada pada versi terbaru merea.

      Delete
  3. bro. blog loe cakpe banget. kapan-kapan ajarin ngoprek wordpressnya donk, sesuai temanya.
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mz.. apan-kapan ita bisa ngopek bareng.. eh ngoprek...

      Delete
  4. bagaimana cara menambahkan akun teman sesama blogger ke dalam menu tampilan di blog wordpress kita? newbie msh bingung euy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak sekali cara untuk memasukkan link di wordpress. fitur dasarnya yaitu dengan add widget di sidebar. bisa berupa widget text, html, ataupun widget khusus untuk memasukkan link. silahkan dicoba.

      Delete
  5. wordpress emang kayak akan feature, tapi banyak jg yg mengeluhkan disamping berbayar, fasilitas free yang didapat juga masih minim akan fungsi.. :D

    komeng balik di www.rzdraco.wordpress.com

    ReplyDelete