17 April 2014

Mengganti Permalink Wordpress

Pernah bertanya-tanya seputar permalink? Permalink apa yang terbaik terutama kaitannya dengan SEO?
Permalink adalah istilah link permanen biasanya pada WordPress yang menunjukkan URL post, page, atau category maupun tags secara spesifik.

Sebetulnya setiap sesuatu “baik” itu relatif. Permalink pun demikian. Formatnya bermacam-macam. Tujuan utama dari mengganti permalink ini sebenarnya agar website Anda atau postingan Anda dilihat pada saat search result dengan keyword yang diketik pengunjung. Oleh karena itulah Google sangat memperhitungkan ketepatan keyword Anda dengan URL maupun title post Anda.
 
Default Permalink
Permalink WordPress secara default biasanya seperti www.domainanda.com/?p=123. Lebih ke arah shortlink. Namun akan menurunkan skor SEO Anda, karena sebagian keyword tidak tertera pada URL.
 
Mencantumkan Bulan Atau Hari Terbit PostingPermalink yang mencantumkan bulan atau tanggal terbit postingan ini biasanya berformat www.domainanda.com/2013/08/contoh-post. Bagus memang. Namun ada beberapa catatan yang mestinya Anda perhatikan ialah, dikhawatirkan pengunjung akan melihat tanggal postingan Anda. Bila terlihat postingan Anda merupakan postingan lawas, pengunjung bisa-bisa tidak jadi mengklik lantaran anggapan itu. Perlu dicatat, tentu tidak semua begitu.

Sebaiknya jika mencantumkan tanggal atau bulan postingan, lebih cocok kepada situs-situs berita. Sementara postingan yang bersifat lama atau tidak berjenjang waktu, sebaiknnya gunakan format postname langsung.
 
Menggunakan Postname Permalink LangsungGoogle sangat merekomendasikan panjang URL sebaiknya tidak lebih dari 7 kata. Itu artinya, penggunaan permalink terbaik memang menggunakan format %postname% langsung. Contoh: www.domainanda.com/judul-postingan-anda.

Akan lebih tinggi lagi skor SEO Anda, apabila dalam mencantumkan URL, dilengkapi dengan URL category atau tag postingan Anda. Mungkin kira-kira formatnya akan jadi seperti ini: www.domainanda.com/category/judul-postingan-anda.

Namun rekomendasi kami, dengan menggunakan postname langsung pun, sudah cukup bagus. Tinggal hal yang perlu diperhatikan hanyalah apabila Anda menggunakan category URL, dikhawatirkan URL Anda akan bertambah panjang. Jadi menurut kami, tanpa link category pun sudah cukup bagus.
 
Cara Mengganti Permalink Tanpa Kehilangan SEO
Jika Anda saat ini merasa permalink yang Anda gunakan kurang pas, Anda bisa mengganti formatnya tersebut. Tapi ingat, harus hati-hati. Karena dampak 404 not found yang semula sudah bagus SEO-nya, malah ditendang oleh Google. Nah, bagaimana cara yang benar mengganti permalink tanpa kehilangan SEO?

    Tentukan Permalink

    Pertama, tentukan terlebih dahulu permalink mana yang ingin Anda gunakan. Apakah ingin menggunakan bulan dan tanggal posting, atau langsung menggunakan postname seperti rekomendasi saya.
    
Redirect Via Htaccess    Selanjutnya adalah menambah rule redirect di file .htaccess Anda. Hal ini untuk mengantisipasi error 404 not found pada WordPress. Simak tips berikut jika Anda belum mengenal sama sekali tentang file .htaccess. Baca seputar htaccess.

    Gunakan rule berikut untuk Anda yang semula menggunakan format Day and name.
    RedirectMatch 301 ^/([0-9]{4})/([0-9]{2})/([0-9]{2})/(.*)$ http://www.domainanda.com/$1
    Gunakan rule berikut untuk Anda yang semula menggunakan format Month and name.
    RedirectMatch 301 ^/([0-9]{4})/([0-9]{2})/(.*)$ http://www.domainanda.com/$2
    Gunakan rule berikut untuk Anda yang semula menggunakan format Numeric.
    RedirectMatch 301 ^/archives/(\d+)$ http://www.domainanda.com/?p=$1

    Catatan
    Rule diatas semua mengarahkan postingan Anda ke format postname. Ganti domainanda.com dengan domain Anda.

    Perhatikan
    Jika URL postingan Anda sebelumnya menggunakan /blog/ atau subdomain tertentu, tambahkan didepannya menjadi:

    RedirectMatch 301 ^/blog/([0-9]{4})/([0-9]{2})/([^/]+)/$ http://www.domainanda.com/$1

    Format diatas menggunakan custom: /blog/%year%/%monthnum%/%postname%/
    

Fetch as Google
    Ingatlah bahwa mengganti permalink WordPress memang mengubah struktur URL seketika, namun pada hasil pencarian, mungkin URL postingan Anda masih berlaku format lama. Untuk itulah gunakan Fetch as Google di Google Webmasters Tool untuk memberitahu Google bahwa URL postingan yang bersangkutan baru saja diubah.

No comments:

Post a Comment